Selasa, 12 April 2022

LOMBA VIDEO HASIL BELAJAR SISWA KOMPETISI SAINS SISWA (KSS) SMP KOTA CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2021/2021

 Komunikasi merupakan sebuah proses yang terjadi dalam kehidupan setiap manusia sehari-hari antar individu sampai menggunakan media yang biasa dikenal dengan komunikasi massa. Komunikasi bermedia juga berdasarkan teknologi, pola penyebaran, sampai pada bagaimana khalayak mengakses media lambat laun semakin berkembang sehingga dikenal dengan media lama (old media) dan media baru (new media). Komunikasi bermedia sekarang sudah menggunakan media baru dalam bentuk internet dan media sosial dan mulai menggeser posisi media lama dalam penyampaian informasi. Media sosial bisa diakses kapan dan dimana saja dan memiliki sumber tanpa batas membuat posisinya menjadi lebih mendominasi. Misalnya, media televisi yang menyampaikan informasi secara audio-visual mulai bersaing dengan kehadiran Youtube. Youtube merupakan salah satu bentuk media sosial berbasis video yang mulai naik daun sejak 5 tahun yang lalu. Tiap hari pengguna Youtube bisa menonton ratusan juta jam video dan menghasilkan miliaran kali penayangan. Youtube menjangkau pemirsa rata-rata berusia 18 sampai 34 tahun. Beragam konten video bisa diakses dalam Youtube, mulai dari Musik, Film, Berita dan Informasi, Ilmu Pengetahuan, Olahraga, Gaya hidup, Gaming, dan VLOG.

VLOG atau Video Blog, sesuai namanya adalah blog berbentuk video. Vlog adalah satu video berisi mengenai opini, cerita atau kegiatan harian yang biasanya dibuat tertulis pada blog. Sejak kemunculan Youtube di tahun 2005, maka pembuatan VLOG semakin populer. VLOG pada awalnya menjadi sarana untuk mengekspresikan diri dan pendapat kepada publik. Maraknya VLOG di media sosial menjadi tontonan rutin para anak muda tak terkecuali dengan siswa-siswa SMP. Memasuki era globalisasi seperti saat ini, pemerintah menyadari bahwa kebiasaan siswa zaman dulu dengan zaman sekarang sangatlah berbeda salah satunya adalah melakukan VLOG, begitu juga dengan sebagian siswa-siswa SMP sekarang. Video hasil belajar siswa memberikan efek positif baginya yaitu menumbuhkan kreatifitasnya dan sekaligus dapat melatih skill public speaking-nya. MGMP IPA melalui Dinas Pendidikan telah melakukan berbagai kebijakan dan program dalam mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan di SMP. Salah satunya dengan menggelar kompetisi Sains SMP (KSS) Tingkat Kota Cimahi ajang video hasil belajar siswa selama pandemi.

Tema kegiatan ini adalah: “Tetap Kreatif dan Produktif Selama Pandemi,  Kita Pasti Bisa”.  Pendaftaran dibuka tanggal 1 Mei -20 Mei 2021 melalui link pendaftaran di Google Form yang disediakan panitia. Pengumuman dilakukan Sabtu, 29 Mei 2021 melalui zoom cloud meeting. 

Live Streaming Acara Pengumuman (Channel Youtube MGMP IPA Kota Cimahi)


Dewan juri berasal dari akademisi dan profesional dengan ketua Bapak Yun Pieter H., M. Pd. Alhamdulillah telah diperoleh pemenang berbagai kategori sebagai berikut




Salah satu video pemenang


Video Pembuatan Mikrohidro









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MGMP IPA KOTA CIMAHI now available on Platform Merdeka Mengajar

 Alhamdulillah, sahabat IPA dimana pun berada. MGMP IPA Kota Cimahi lulus seleksi Komunitas Penggerak dan sekarang sudah ada di Platfom Merd...